Paronikia / paronychia

Paronikia atau paronychia adalah infeksi yang terjadi pada kulit di sekitar kuku jari-jari tangan dan kaki. Jaringan sekitar kuku yang terinfeksi akan membengkak, lunak saat disentuh, meradang, dan terasa sakit saat disentuh.
Kondisi ini dapat terjadi akibat adanya infeksi jamur, bakteri, atau virus tertentu. Selain itu, risiko infeksi terjadi lebih tinggi apabila ada luka atau trauma, seperti menggigit kuku, mengisap jari, sering mencuci piring, atau terpapar zat kimia tertentu.

Photo by Frank Vessia / Unsplash sebagai ilustrasi bukan contoh paronikia 😀

Asal muasalnya adalah jempol kaki kiri saya terbentur kaki meja, sedikit sakit tapi segera hilang rasa sakitnya. Namun rupanya akibat benturan itu ada lecet antara kulit dan kuku, yang kemudian saya tahu terjadinya di bagian dalam di balik kuku.

Setelah 2-3 hari ada bengkak pada si jempol dan terasa sakit sekali. Rupanya terjadi infeksi pada luka lecet, terbentuk abses, dan itu tadi, berada di bawah kuku…

Singkat cerita, akhirnya tanggal 10 April ’20 lalu, kuku si jempol tadi dicabut sehingga perawatan infeksi bisa dilakukan. Dibius lokal saat pencabutan tapi tetap terasa sakit banget…

Sudah beberapa hari ini si jempol tanpa kuku dan dibebat.
Mulai normal bervariasi pada setiap orang, biasanya sekitar dua minggu, kuku mulai penuh sekitar tiga bulan.

Tips dari AloDokter Cara Merawat Kuku Kaki Agar Tetap Sehat

Leave a Reply

We use cookies. By browsing our site you agree to our use of cookies.Accept